jump to navigation

Asal Mula Nama Bengkalis 21 Juni 2010

Posted by Mariz in Uncategorized.
trackback

Mw cerita ni dikit tentang Asal mula nama Bengkalis, cerita tu sebenarnya udh lama qu tau tapi blom smpet di tulis. Nah sekarang baru sempet, soalnya tadi ge bolak-balik file2 lama.dulu aku pernah tanya ma temen aku tentang asal mula nama bengkalis tu dari mana sich ?.
Masa putra bengkalis gak tau nama pulaunya sendiri kan aneh, malu donk klo sampe di Tanya gak tau. He,,,, dulu kononnya gini critanya.
Tapi sebelumnya temen2 du2k dulu ye….”betul,,,betul,,,betul,,,” kate upin & ipin.

Kota yang tertata rapi nan indah yang berada di sebuah pulau yang berbatasan langsung dengan selat malaka dan selama ini mendapat julukan sebagai Negeri Junjungan itu rupanya tak lepas dari sejarah yang membawa kota itu sampai seperti sekarang ini. asal mula nama bengkalis itu dulunya diambil dari Kata ” Mengkal” yang mempunyai arti sedih atau sebak dan ” Kalis” yang berarti tabah, sabar dan tahan ujian (ini bukan Ujian Nasional ya kya anak SMA aja nich,heeeeeeeee) kata ini yang di ambil dari ungkapan raja kecil kepada pembantu dan pengikutnya sewaktu baginda sampai di pulau Bengkalis pada waktu itu yang ingin merebut tahta kerajaan Johor( di Malaysia men..) dengan ungkapan ” Mengkal rasanye hati ini karena tidak diakui sebagai Sultan yang memerintah negeri ini, namun tak mengapelah, kite masih kalis dalam menerime keadaan ini ” (kaedahnye bahasa melayu sikit…)dari pembicaraan itu sehingga menjadi buah bicara masyarakat setempat bahwa baginda yang sedang Mengkal tapi masih Kalis, akhirnya ungkapan sang baginda itu menjadi rangkaian perkataan ” oh baginda sedang Mengkalis ” dari kisah inilah timbul kata mengkalis, bahkan berubah menjadi kata Bengkalis.

Sejarah Bengkalis bermula ketika Tuan Bujang alias Raja Kecil yang bergelar Sultan Abdul Jalil Rahmat Syah mendarat di Pulau Bengkalis pada tahun 1722. Beliau di sambut oleh batin Senggoro dan beberapa Batin pucuk suku “asli” Batin Merbau, Batin Selat Tebing Tinggi dll. setelah di ketahui silsilah Raja Kecil, dia (Raja Kecil) yang merupakan pewaris kerajaan Johor. hal itu semakin menumbuhkan rasa hormat Batin-Batin yang ada kepada Raja Kecil, sehingga mereka mengusulkan agar Raja Kecil membangunkan kerajaannya di pulau Bengkalis.
Namun melaui musyawarah beliau dengan Datuk Laksemana Bukit Batu, Datuk Pesisir, Datuk Tanah Datar, Datuk Lima Puluh dan Datuk Kampar dan para Batin, di sepakati bahwa pusat kerajaan didirikan di dekat Sabak Aur yakni di sungai Buantan salah satu anak Sungai Siak, pusat kerajaan itu didirikan pada tahun 1723. Kerajaan inilah kemudian berkembang menjadi kerajaan Siak Sri Indra Pura, yang pernah menguasai kawasan yang luas di pesisir pantai Sumatra bagian utara dan tengah sampai ke perbatasan Aceh.

Dalam Catatan sejarah menunjukkan, bahwa Bengkalis pernah menjadi basis awal kerajaan Siak. Di Bengkalis-lah wawasan mendirikan kerajaan Siak di mufakati. Dan di Bengkalis pula bantuan moral dari rakyat di padukan ketika beliau keluar dari Bintan. Sejarah juga mencatat, setelah belanda semakin berkuasa. Maka Bengkalis pula yang menjadi tempat kedudukan residen pesisir timur pulau Sumatra berdasarkan perjanjian dengan Sultan Syarif Kasim Abdul Jalil Syarifudin menyerahkan pulau bengkalis kepada Hindia Belanda tanggal 26 Juli 1823.
Sejarah juga mencatat sebelum kedatangan Raja Kecil, Bengkalis sudah menunjukkan peran penting dalam arus lalu lintas niaga di selat Melaka. Terutama sebagai persinggahan saudagar yang keluar masuk sungai Siak.

Bahkan sejak Tapung (Petapahan) di temui timah (1674) dan emas.peran Bengkalis dalam hubungan Melaka dengan kerajaan di pesisir timur Sumatra semakin besar, terutama dimasa berdirinya kerajaan Gasib. Di masa pemerintahan Sultan Mansur Syah tahun (1459-1477) Gasib di kuasai oleh Melaka, raja Gasib yang belum menganut agama Islam di Islamkan dan di beri gelar Sultan ” Ibrahim” dan di jadikan wakil Sultan Melaka di Gasib, sejak itu kerajaan Gasib di bawah kepimpinan Sultan Ibrahim ( Sebelum di Islamkan bernama Megat Kudu) yang menjadi kawasan pengembangan Islam.

Begitulh teman2 katenye,

Sumber : Situs resmi Kab.Bengkalis

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan komentar